Galeri

Apa sih manfaat kunir putih itu

KUNIR PUTIH
Naman Latin : CURCUMA kamferia rotunda

Ramuan jawa kuno yang bermanfaat bagi kehidupan manusia terutama untuk pengobatan medis secara alami,nenek moyang kita sejak dari dulu suda menggunakan kunir putih ini,untuk pengobatan penyakit dalam.
Ditengah – tengah masyarakat sejak lama dikenal 2 jenis kunir putih yaitu kunir putih gombyok atau kunir putih pepet. Kunir ini manfaatnya untuk therapi penyakit diare dan disentri saja, seperti yang ditulis dalam buku Obat Asli Indonesia karangan Prof. Dr. Seno Sastroamijoyo, jenis kedua adalah jenis kunir putih beraroma mangga, yaitu Curcuma Zedoaria & Curcuma Mangga. Keduanya bermanfaat menyembuhkan kanker & tumor . Dari hasil penelitian Chan Minyi dkk dalam bukunya Anti Cancer Medical Herbs, ternyata Curcuma Zedoaria mempunyai efektifitas yang lebih tinggi untuk mengatasi kanker & tumor. Menurut hasil penelitian American Institute Cancer Report ( New York Time ) 1 Juni 1999 dan juga oleh pakar Fakultas Farmasi ataupun PAU Bioteknologi serta PPOT UGM Yogyakarta dalam kunir putih ini mengandung :

1. RIP ( Ribosome Inacting Protein ) berfungsi:

a. Mampu menonaktifkan perkembangan sel kanker.

b. Mampu merontokkan sel kanker tanpa merusak jaringan sekitarnya.

c. Memblokir pertumbuhan sel kanker.

2. Zat Anti Oksidan, mencegah kerusakan gen.

3. Zat anti Curcumin, sebagai anti inflamasi ( anti peradangan ).

Curcuma Zeodaria dipadu dengan Curcuma Mangga dapat menyembuhkan:

4. Kanker : leher rahim , payudara, hati , paru – paru, leukimia, otak dan penyakit lain yang berhubungan dengan kanker dan tumor.

5. Peradangan dalam : maag, ambeien, radang tenggorokan, radang hati, bronkhitis, amandel, nyeri haid, keputihan, jerawat atau bisul, diabetes, asma.

6. Manfaat yang lain, Anti lemak : darah tinggi, stroke, jantung, asam urat, menurunkan kolesterol.

Ternyata dari hasil penelitian diatas kunir putih merupakan herbal yang sangat efektif untuk segala macam penyakit,waktu jaman dulu kunir putih hanya digunakan untuk orang habis melahirkan,sakit perut,pegel pegel dan sembelit.untuk efeksampingnya tidak ada efeksamping.berbeda dengan Pengobatan dengan cara modern masih dirasa banyak memberikan efek samping, sedangkan prosentase keberhasilannya belum cukup maksimal, sehingga perlu ditunjang dengan pengobatan alternatif atau pengobatan tradisional dengan menggunakan keberagaman hayati herbal nusantara.

Salahsatu pengobatan alternatif tersebut adalah dengan menggunakan kunir putih, belum banyak orang mengatahui khasiat Kunir Putih (Curcuma zedoaria) yang ternyata banyak bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bagian yang paling berkhasiat adalah rimpangnya.

Kandungan Zat Aktif Kunir Putih

Kurkuminoid, minyak atsiri, polisakarida, zedoarin, kurdiona, kurkumol. Kurkuminoid yang telah diketahui, meliputi kurkumin, desmektosikurkumin, bisdemetoksikurkumin, 1,7-bis (4-hidroksifenil)-1,4,6-heptatrien-3-on.

Mekanisme Kerja

Kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel – sel jaringan tubuh yang baru (neoplasma), tidak normal (hasil mutasi genetis sel), cepat, dan tidak terkendali. Oleh karena itu, kanker bukanlah penyakit infeksi akibat serangan kuman. Kanker tumbuh dari sel – sel organ yang mengalami mutasi genetis. Mutasi genetis meerupakan sel yang tumbuh tidak normal dan bersifat destruktif (tidak mengikuti hukum pertumbuhan sel dan cenderung merusak).
Zedoarin, kurdiona dan kurkumol. Zat-zat tersebut ternyata bersifat anti neoplastik merusak pembentukan ribosoma pada sel-sel kanker dan jaringan liar dengan cara meningkatkan pembentukan jaringan fibroblast di sekeliling jaringan kanker, lalu membentuk lapisan limfosit dalam sel-sel jaringan kanker dan membungkusnya, sehingga sel-sel jaringan kanker tersebut tidak dapat berkembang, akhirnya sel-sel kanker akan mati, dan tidak menimbulkan bahaya lagi.

Secara umum khasiat dan kegunaan kunir putih sebagai berikut:

1. mengurangi gejala sakit maag dan nyeri lambung
2. menambah nafsu makan
3. membantu menghambat pertumbuhan sel kanker (anti neoplastik)
4. menghentikan pendarahan

Tidak Semua Kunir Putih sebagai Anti Kanker

Tetapi tidak semua jenis Kunir Putih mempunyau khasiat sebagai anti kanker. Di masyarakat yang banyak beredar adalah Kunir Putih jenis gombyok atau jenis curcuma longa, jenis ini tidak mempunyai khasiat sebagai anti kanker. Jenis ini mempunyai ciri:

Umbinya berwarna putih, berbentuk bintil-bintil, air ekstraknya lengket dan pekat dan bila dijadikan bubuk akan berwarna putih.

Kunir Putih jenis ini hanya berkhasiat sebagai anti Diare dan Disentri dan tidak dapat mengobati kanker.
Kunir Putih atau curcuma zedoaria berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kembung dan anti oksidan atau obat kanker. Khasiat anti oksidan didapat dari imunomodulator, zat ini mampu memperbanyak jumlah limfosit,meningkatkan toksisitas sel pembunuh kanker dan sintesis antibodi spesifik. Penggunaan kunir putih dengan diparut lalu hasil parutan diperas dan airnya diminum.

Dosis anjuran :

Kunir non gula : 1 sendok teh peres diseduh dengan ½ gelas air panas ( 100 cc ) kemudian diendapkan dan yang diminum

hanya airnya.

Pencegahan : 1 kali sehari, diminum sebelum tidur malam.

Pengobatan : 3 kali sehari ( pagi, siang, dan sore hari ).

Sebagai catatan penting! salah satu dampak negatif dari kunir putih adalah mengurangi kemampuan sel darah putih, juga kunir putih tidak baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Dari artikel lain juga,banyak sumber yang mengatakan bahwa kunir putih itu sangat ampu untuk membunuh sel kanker.
rahasia kunir putih untuk pengobatan kanker
amerika serikat banyak mengimpor kunir putih untuk aromaterapi. Di Indonesia, hal ini tidak banyak dilakukan. Nama kunir putih pun tertelan nama nama besar tanaman obat yang lebih terkenal.

Dalam pemakaian sehari hari kunyit atau kunir putih belum sepoipuler saudara kandungnya, kunyit kuning, maklumlah secara fisik dan rasa memang beda. Kunyit memiliki warna daging lebih kuning dan rasanya tak begitu getir. Ukurannya pun cenderung lebih besar disbanding kunyit putih, tetapi keduanya memiliki aroma khas dan kuat lantaran minyak atsirinya.

Selain terkenal sebagai pereda masuk angin dan gangguan ringan lainnya seperti maag, kunir putih juga diyakinin memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai herbal pelengkap penyembuhan kanker. Hal ini dibenarkan oleh surahmad SE dari materil medica batu. Dalam pengobatan kanker maupun pascaoperasi kanker, kunir putih selalu disertakan

Rimpang kunir putih mampu menghambat laju perkembangan sel kanker dan mencegah kerusakan gen yang menjadi salah satu penyembab timbulnya kanker. Hal ini karena rimpangnya mengandung riboisme in activating protein, yakni protein toksis dan kurkumin, senyawa protein inilah yang menghambat laju sel kanker.

Oxford university juga melakukan penelitian bahwa kunir putih berkhasiat menghambat laju perkembangan sel kanker dan mencegah kerusakan gen yang menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker. Efek terapinya bersifat tidak langsung dan memerlukan waktu lama karena harus menunggu sel kanker itu mati sendiri. Tidak heran, pasien pun perlu kesabaran untuk mendapatkan hasilnya.

Berdasarkan penelitian catatan direktoral pengawasan obat tradisional DitJen POM, penelitian tentang kunyit putih atau kunir putih telah dilakukan di cina sejak tahun 1988. Kunir putih diketahui banyak mengandung minyak atsiri yang terdiri atas curdione dan curcumol, memiliki sifat antioksidan yang dapat menahan zat radikal bebas penyembab timbulnya sel kanker, antiinflamasi serta dapat meningkatkan sel darah merah.

Nenek moyang kita juga tidak jarang mengosumsi perasan kunir putih ini selama masa nifas untuk membersihkan organ organ yang berhubungan dengan persalinan. Namun konon, kunyit putih sebaiknya tidak digunakan pada masa kehamilan karena dapat mengakibatkan keguguran

Balitbangkes departemen pertanian RI membukukan penelitian kunyit putih dalam jurnal media penelitian dan pengembangan kesehatan volume XVI no 1 tahun 2006. Jus kunir putih atay kunyit putih bersama temu mangga manpu mengatasi berbagai keluhan pada perut, diare mual, sebah dan kembung. Uji coba ini dilakukan pada tikus jntan putih.

Untuk pemakaian luar sepeerti memar, keseleo, bisul yang sulit pecah, cukup borehkan parutan rimpang kunir putih pada bagian tubuh tersebut. Masyarakat tradisional juga kerap menggunakan gilingan rimpang yang menjadi serbuk dan dikeringkan sebagai bedak.

Tanaman yang masih satu keluarga dengan jahe ini memang bisa tumbuh di mana mana, tetapi Indonesia khususnya Sumatra dan jawa serta india, srilangka, Malaysia, Nepal, dikenal memiliki lahan subur untuk tanaman ini. Amarika serikat sengaja mengimpor tanaman ini untuk bahan dasar pembuatanminyak wangi. Aromanya hangat, sejuk, khas kayu-kayuan dan dianggap manpu memberikan efek terapi relaksasi.

SEMOGA ARTIKEL INI MEMBERI ILMU DAN BERMANFAAT.
oleh karena itu Jika ada yang membutuhkanya kunir putih yang alami kami juga menjualnya dalam betuk kapsul dan serbuk,untuk harga bisa kontek no hp 081220089061.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s