Membangkitkan tenaga dalam+memperkuat aura dasar

Teknik Basic I
Membangkitkan tenaga dalam+memperkuat aura dasar

Tekniknya begini :

1. Nafas perut
Tekniknya tarik nafas lewat hidung, perut ikut mengembang…buang halus lewat hidung sambil perut dikempiskan sekempis-kempisnya. Agak ditekan sedikit ke dalam. Gak perlu tahan nafas, otomatis antara tarikan dan buang nafas ada jeda barang sedetik sih. Inget untuk selalu rileks…gak perlu pakai konsentrasi berlebihan, tp cukup pindahkan perhatian pikiran ke perut. Posisinya bisa duduk atau bersila. Sebisa mungkin jangan bersandar. Lakukan min sepuluh menit. Kalau dasarnya udah kuat entar ada hawa hangat di perut. Kalau dilakukan semakin lama ntar atmosfir udara di sekeliling loe berubah jd sejuk, agak2 dingin malah.
2. Nafas dada
Tarik nafas lewat hidung, dada yang mengembang/naik. Usahakan posisi perut tetap rata, jd udara gak terlalu banyak masuk ke perut. Tahan senyaman mungkin. Idealnya minimal 3 detik. Semakin lama semakin bagus, tp yang terpenting sesuai kesanggupan…loe ngerasa nyamannya berapa lama. Buang halus lewat mulut. Otomatis dada ikut mengempis. Usahakan semua otot tubuh rileks. Cukup pindahkan perhatian pikiran ke dada. Lakukan minimal 10 menit juga. Kalau ada rasa hangat di dada pertahankan fokus perhatian ke rasa hangat td.
3. Nafas diafragma
Tarik nafas lewat hidung, tp dada + perut sama2 ikut mengembang. Pindahkan fokus perhatian ke ulu hati. Biasanya ada sedikit terasa tekanan di daerah ulu hati. Tahan senyaman mungkin, lalu buang halus lewat mulut sambil mengempiskan dada+perut. Tetap rileks…Lakukan minimal 10 menit juga.

Jd urutan latihan seperti diatas, nafas perut, lalu pindah ke nafas dada, lalu langsung pindah ke nafas diafragma. Usahan perpindahan antar tiap nafas sesmooth mungkin, and tanpa putus. Setelah kelar, lakukan lg nafas perut dengan santai…fokuskan perhatian ke area solar plexus (antara pusar dan perut bawah). Lakukan sampai terasa hawa hangat di area ini, kalau terasa teruskan nafas perut minimal 5 menit lg. Kalau tidak terasa hawa hangat, cukup lakukan nafas perut sampai suhu tubuh normal atau hawa disekeliling menjadi sejuk. (umumnya dalam proses latihan td suhu tubuh meningkat sampai mengeluarkan keringat yang cukup banyak).
Ini harus dilakukan, untuk menyimpan tenaga dalam yang sudah bangkit td di solar plexus…

Setelah itu duduk/bersila, posisikan kedua telapak tangan di atas lutut dengan telapak tangan menghadap keatas. Niatkan menyerap energi alam dan ditampung di tangan td. Dengan berniat otomatis otak mengirimkan perintah ke tubuh untuk mempersiapkan diri menyerap energi. Setelah itu rasakan dikedua telapak tangan….ada sensasi energi tidak? Kalau ada cukup pertahankan fokus perhatian ke kedua telapak tangan, sampai terasa berat/hangat sekali. Bayangkan energi yang diserap td tertampung di kedua tangan dan membentuk bola energi…..Setelah cukup (pakai intuisi bro…) masukkan ke tubuh melalui ubun2. Caranya angkat kedua telapak tangan yang sudah ada bola energinya td ke atas ubun2…lalu gerakkan ke arah belakang kepala sambil berniat/membayangkan energi masuk dan menyebar ke seluruh tubuh. Ulangi min 5 kali….

Untuk yang tidak merasakan sensasi energi di telapak tangan pada saat melakukan penyerapan energi alam ini, silakan lakukan latihan kepekaan dasar berikut:

1. Gosok2 kan kedua telapak tangan perlahan-lahan, kemusian semakin lama semakin cepat sampai kedua telapak tangan terasa panas.
2. Setelah terasa panas, pisahkan kedua tangan dalam jarak +/- 25-30 cm, dalam posisi saling berhadapan di depan dada.
3. Fokuskan perhatian ke ruang kosong antara kedua telapak tangan, rasakan sensasi gelombang elektromagnetic yang terjadi.
4. Apabila terasa sensasi energi yang cukup kuat, jauhkan jarak antara kedua telapak tangan perlahan-lahan sambil tetap merasakan sensasi energi yang ada.
5. Tahan jarak kedua telapak tangan sampai maksimal +/- 60 cm. Kemudian dekatkan lagi perlahan-lahan.
6. Ulangi langkah 1-5 diatas beberapa kali.

Tips:

-Lakukan serileks mungkin, gak perlu terlalu dipaksakan. Tahan nafasnya cukup senyaman mungkin…sekuat loe deh! Kalau gak kuat 10 menit tiap nafas, boleh 5 menit-5 menit dulu…
-Usahakan pakai baju yang agak longgar, jangan memakai aksesoris apapun (jam tangan, cincin dll)
-Untuk latihan nafas lakukan dengan mata terbuka..untuk menghindari ada pengejangan di area otot wajah dan kepala, sehingga energi latihan tdk banyak yang tersalur ke area kepala dl…
-Untuk penyerapan energi alam bs dilakukan dalam kondisi mata tertutup, dan lakukan dengan pernafasan biasa atau nafas perut..(silahkan pilih yang lebih nyaman & rileks)

Warning :
– Untuk teknik Latihan Pernafasan Jangan disatukan, dimodifikasi dengan teknik latihan lain walaupun mirip. Pada teknik selanjutnya akan ada teknik membuka jalur energi yang apabila dikombinasikan bukan dengan teknik pernafasan diatas akan berakibat buruk bagi kesehatan.

10 menit / 5menit lama lho bro…
hirup 5 menit , tahan di bawah perut 5 menit ,keluarin perlahan 5 menit…lama ini bro.. kalo yg krasa berat jgn maksain lsg 5 menit… pake hitungan ajah dulu.. hirup itung 1-10 tahan hitung 1-10 hembuskan hitung 1-10

afdolnya sih hitungan diganti zikir .. [ngecek ruas jari] plg bagus …

sekdar kasih usul ajah…

karena ini termasuk awal dlm meditasi…
pernafasan meditasi kalo bisa jgn membebani .. jgn terkungkung ama patokan menit..
harus ada diversi supaya tubuh mau menerima olah nafas serileks mungkin..
trus waktu olah nafas… PERHATIKAN dulu NIATnya.. NIAT OTAK kita harus dulu FOKUS ke OLAH NAFAS…[meditasi]..
pahami dulu MEDITASI..[mengheningkan cipta] meditasi bukan hanya sekedar duduk diem KOSONG pikiran ..kagak bro… plg gampang buat newbie…
ane usulin gini…
urutannnye
1. NIAT dr OTAK dan HATI…
buat meditasi.. [ olah nafas … mengheningkan cipta .. pikiran fokus ke menghayati alam sekitar.. RASAkan aliran udara disekitar kita…PLG pas emang disertai DZIKIR ..semisal SUBHANAllah..Maha SUCI ALLAH.. kesucian ALLAH tiada berbanding] jd kita sugesti dulu pikiran kita.. trus mantapkan hati ..supaya badan kita menerima perintah2 otak/pikiran td … rileks… rileks… [gue sih nyaranin dzikir krn lebih enak jg konsentrasi pikirannya]

2. Olah nafas..
biasakan jgn membebani tubuh … meditasi jgn dijadikan OLAH RAGA yg nuntut energi berlebihan.. ntar dapatnya kayak renang ajah.. mulai dr tingkat yg paling rendah.. hitungan 1-3 … sedot 1-3.. tahan 1-3.. lepas 1-3,pernafasan perut ..tahan nafas dengan konsentrasi ke otot bawah pusar atas “mr p” dipertengahan area itu.. tahan disana. hembuskan perlahan2 sesuai hitungan…

buat newbie … jgn langsung mk hitungan menit… bisa lekas capek ntar.. kalo udah capek ntar malah buat badan trouma.trus gak bisa rileks lagi…jd bukan dpt manfaat pernafasan malah dpt capek doang.

mulai dr hitungan 1 sampe 3… trus naik jd 1 sampe 5 trus selanjutnya ..sampe badan bisa menerima hitungan menit..berarti 1 sampe 60 … br setekah itu 5 menit 10 menit…dan seterusnya…

3. lakukan urutan 1-2 td selama 1 menit dulu… jd kira2 5 kali siklus… rasakan dulu apakah badan anda masih rileks ato dah kepayahan [contoh kepayahan pecahnya konsentrasi pikiran kite…].
kl gak… naikin jd 2 menit .. berikut selanjutnya.. ASAL jgn sampe ANDA MEMAKSAKAN BADAN ANDA.. kalo udah capek. istirahat dulu…trus disambung lagi .. ingat ya bisa 2 menit ajah itu udah bagus… kalo orang2 dulu bisa berhari2 ni bahkan berbulan2 ampe lupa makan segala [TAPA BRATA] tp jgn samakan JAMAN kita dengan ERA mereka ini.. JAMAN kita dah lain.. mknya dikit2 ajah … luangkan waktu barang 1 jam buat latihan olah nafas ini… sedikit demi sedikit…

LOGIKAnya…
ORAng yg kuat MEDITASI pasti nafasnya panjang.. kalo nafasnya panjang berarti dia bakal tidak cepat lemes,pusing2 etc…karena dengan MEDITASI KAPASITAS PARU2 dalam menampung OKSIGEN akan tambah banyak.. terapi/latihan paling bagus tuk meningkatkan kapasitas paru2 adalah dengan PERNAFASAN PERUT.. nah tanamkan ini di pikiran kita dulu.. supaya lebih konsentrasi supaya nalar kita gak ada pertentangan ” ngapain ane susah2 meditasi..” disinilah makna arti ATI KAREP MANTEP !!! Niat HATI dan NALAR udah MANTAP..
nah kalo istilah ATI KAREP MANTEP MADEP… khusus MADEP[arah] ini udah lain lagi… mungkin dlm hal ini sy dan mas arr bisa beda pendapat… jd sy gak banyak komentar disini.. krn bg sy ARAH adalah TUJUAN [GURU / ILMU apa yg dituntut]
ah … ginian mas Arr pasti dah tau…

demikian usul sy…
supaya apa yg disarankan mas Arr bisa membuahkan hasil..dan tidak sia2 ,sy hanya melengkapi penjelasan mas Arr masalah olah nafas ajah…

http://www.bluefame.com/lofiversion/index.php/t43280.html

2 comments on “Membangkitkan tenaga dalam+memperkuat aura dasar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s