bedah diskusi

AJARAN WALISONGO, dlm MENDALAMI ILMU ALLAH, WALI( SUNAN KALIJOGO), LEBIH MENGAJARKAN TENTANG/MELALUI BEBERAPA TAHAPAN ILMU :

1. SYAREAT
2. TAREKAT
3. HAKEKAT
4. MAKRIFAT

SEDANGKAN SYECH SITI JENAR, AJARANYA LEBIH KE MAKRIFAT( TANPA HRS MENJALANI SYAREAT LBH DL), MAKA ADA ISTILAH MANUNGGALING KAWULO GUSTI.
ADA LG ILMU SYECH SITI JENAR YG BELUM SEMPURNA, DAN JARANG ORANG TAHU.

TP PD INTINYA, KEDUANYA SICH MENGAJARKAN TENTANG KASIH SAYANG, KEBAIKAN, KEBERSAMAAN.
HANYA SELISIH PAHAM TENTANG AJARAN MEREKA DAN SALING MERASA BENAR, SEHINGGA UMAT/MASYARAKAT JD BINGUNG.

GAK ADA YG BENER, JG GAK ADA YG SALAH. DUA2NYA BENER JG DUA2NYA SALAH

PERTANYAANYA:

1. siapa yg mengklaim sebagai wali
2. dr mana asal usul/yg menyebut wali
3. apakah wali hanya 9, seperti yg tersebut secara umum
4. apakah semua wali pria( tdk_kah ada wali perempuan)
5. knpa … wali koq masih membela kerajaan/alat raja2.

1. siapa yg mengklaim sebagai wali
yg jelas bukan mereka para sunan, hanya 4JJI yg berhak ‘mensertifikasi’ seseorang sebagai wali.

2. dr mana asal usul/yg menyebut wali
dari pengikut& murid2 para sunan. ciri2 seorang wali adalah ‘hadiah’ berupa karomah dr 4JJl. murid2 para sunan melihat guru2 mereka mempunyai karomah, jadi menganggap bahwa para sunan tersebut wali. benar atau tidak waallahualam.

3. apakah wali hanya 9, seperti yg tersebut secara umum
hanya 4JJl yg tahu.

4. apakah semua wali pria( tdk_kah ada wali perempuan)
hanya 4JJl yg tahu, tapi siapapun baik pria atau wanita diberi hak yg sama oleh 4JJl untuk mencapai taraf wali.

5. knpa … wali koq masih membela kerajaan/alat raja2.
knapa?…pahami dulu konsep Islam. ajaran Islam bukan cuma spiritual.
Perbedaan konsep Islam dgn ajaran agama lain adalah; jika agama lain rata2 mengulas ttg kerohanian, spiritual, akhlak, budi pekerti.
di Islam selain tersebut diatas, juga memberi petunjuk (SOP) mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Islam memberi petunjuk bagaimana caranya menjaga kesehatan, makanan, ke kamar mandi, berhubungan suami istri, kebersihan, berkeluarga, masalah ekonomi, iptek, seni, bermasyarakat ….termasuk tata negara, aplikatif deh.
jadi wajar para mubaligh seperti wali songo ada yg terlibat dalam pemerintahan, langsung atau tidak langsung….sing penting sesuai Al Quran; tempatkanlah seseorang itu sesuai dgn keahliannya.
dan sejarah mencatat hanya syarif hidayatullah yg full berprofesi dibidang tata negara.
Raden fatah itu kan murid para sunan, yg namanya murid wajar dong minta nasehat/pendapat gurunya. jadi terkesan wali songo berpolitik atas nama agama….ahhh…pendapat spt itu bagi saya seperti su’udzon alias negatif thinking.

peranyaan simple?????? … buat semua ……….

1. TUHAN ADA DIMANA?????
2. HIDUP ITU APA?????
3. SYURGA ADA DIMANA????
4. NERAKA ADA DIMANA???
5. DMANA KT BISA MENEMUKAN KE_BAHAGIA_AN?????
6. DIMANA REJEKI ITU BISA???
7. APA YG DIMAKSUD DG KIAMAT???
8. GMANA RASANYA ORANG MATI????

… MARI … SILAHKAN KITA BAHAS …….!!!!!!!!!!1

Salam trentrem lan rahayu
Nyuwun sewu sedoyo nggih ….
apa bisa dijelaskan tentang
1. Roh,
2. Jiwa,
3. Suksma
4. Nyawa
pada diri manusia, dimana tempatnya masing-masing, apa perbedaannya, apa juga fungsi dan perannya dalam kehidupan kita
serta bagaimana susunannya / struktur terhadap semua itu didalam diri kita.
Matur Nuwun sakderengipun.
Rahayu sagung Dumadi.

Rahayu
Kagem Kasmas Tedjo
Tentang Roh, Jiwa, Suksma dan Nyawa
Berdasarkan piwulang dari Kanjeng Sultan Agung Hanyakrakusuma Ing Ngeksigondo Nagri menerangkan bahwa :
Roh itu sebenarnya satu yaitu merupakan keadaannya dari Rahsa disebut juga Nyawa atau Jiwa dan dapat disebut Suksma namun perbedaan penyebutan tersebut karena memiliki tanda-tanda khusus antara lain :
1. Tandanya Roh itu mengadakan darah,
2. Tandanya Jiwa itu mengadakan nafas,
3. Tandanya Suksma itu mengadakan Rahsanya tubuh/jasad/badan
4. Tandanya Nyawa itu mengadakan keteg jantung/detak jantung

Hidup itu SATU, satu berarti ADA …. seperti kita percaya dan menyakini adanya TUHAN. Namun … bagaimana kita bisa mengenal TUHAN …????
TUHAN ada disetiap KEAJADIAN itu sendiri ….
Tuhan itu abadi, memahami sebab kejadian maka kita juga menjadi bagian dr keabadian ….
Ilmu mengenal TUHAN dan memahami HIDUP dan KEHIDUPAN adalah awal dari pada MAKRIFAT. Inti dari pada MAKRIFAT adalah KOSONG( kosong RASA ….. kosong PIKIRAN ).
HIDUP/SUKMA adalah batas antara bersatunya yang menghidupi( sifat) dan yang dihidupi( rasa).
Bagaimana mengendalikan RASA dan SIFAT adalh tugas mutlak dalam menjalani tugas HIDUP ……. sehingga kita bisa menjadi manusia yang berarti bagi kehidupan.

Sholawat menurut arti bahasa adalah :‘’ DO‘A‘’
Menurut istilah adalah:
• Sholawat Alloh SWT kepada Rosululloh SAW berupa Rohmat dan Kemuliaan( Rahmat Tadhim )
• Sholawat dari malaikat yang kepada Kanjeng Nabi SAW berupa permohonan rahmat dan kemuliaan kepada Allah SWT untuk Kanjeng
Nabi Muhammad SAW sedangkan selain Kanjeng Nabi berupa permohonan rahmat dan ampunan
• Sholawat orang–orang yang beriman ( manusia dan jin ) ialah permohonan rohmat dan kemuliaan kepada Allah SWT. untuk Kanjeng
Nabi SAW, seperti :
ALLOHUMMA SHOLLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD

Macam macam Sholawat dapat di golongkan menjadi 2 golongan yaitu Sholawat Ma‘tsuroh Sholawat Ghoiru
Matsuroh.
a. Sholawat Ma‘tsuroh : Sholawat yang redaksinya langsung dari Alloh SWT misalnya Sholawat Ibrohimiyah, yaitu seprti
dalam bacaan Tasyahhud akhir Sholawat tersebut tidak ada kalimat SAYYIDINAnya. Ini menunjukkan akan keluhuran budi
Kanjeng Nabi SAW, selalu sederhana dan tawaddu,yang harus di tiru oleh para umat , adapun kita sering membaca
kalimat Sayyidina itu ditambahkan dari para sahabat, sebagai pernyataan penghormataan , ikroman wa mahabbatan.
firman Alloh SWT :
janganlah kamu sekalian memanggil / menyebut pada Rosul seperti halnya engkau memanggil / menyebut diantara kamu sekalian”.
Sabda Rosululloh SAW : .
”Saya gusti (pemimpinnya) anak cucu Adam tidak Saya tonjol-tonjolkan (sombong) dan saya permulaannya orang yang dibangunkan dari
kubur, dan Saya permulaannya orang yang memberi Syafa’at (pertolongan), dan permulaannya orang-orang yang mendapat syafa’atNYA,
ditangan saya benderanya pujian & dibawah bendera itu Nabi Adam AS beserta anak cucunya”.
b. Sholawat Ghoiru Matsuroh : Sholawat ghoiro ma’tsuroh yaitu: yaitu sholawat yang disusun oleh selain kanjeng nabi SWT
yaitu : yaitu oleh para sahabat, tabi’in, ailiyak, para ulama’ dan umumnya orang islam. Misalnya: Shollawat nariyah,munjiyat, badawi, bardah dan masih banyak lagi. Diantara sholawat Wahidiyyah.

itu pendapat sholawat secara syar’i

menanggapi pendapat mas mas sekalian ini pendapat saya

saya sangat menikmati..terutama mas radhite…..(apa masih jadi muridnya Pasingsingan?….heee,,,,,,,,,
mbak wisnu yang cantik ternyata bukan mbak wisnu yang “mengeluarkan pernyataan tapi mas radite(muridnya pasingsingan—-di cerita nagasasra dan sabuk inten)…

saya pikir mas radhite itu orang nya baik….tapi ternyata “kegerahan juga dengan komentar saya ya…heeee……

wah mas radithe ini kayak nya kurang faham nih dalam membaca ya….kenapa tulisan “yang tersurat’ secara jelas dan gamblang mesti diartikan secara tersirat sih mas…..” (jangan salah kaprah-mbak wisnu orang juga mas..dia bisa terkena hukum salah..kecuali nabi dan rasul yang dima’shum)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s