KATARAK

Pilot Berisiko Katarak

CHICAGO – Jangan keburu bangga punya pacar atau suami pilot. Justru para penerbang yang terkesan gagah yang berisiko tinggi terserang katarak. Temuan ilmuwan University of Iceland ini berdasar studi mereka terhadap 445 lelaki berusia di atas 50 tahun. Dari jumlah tersebut ditemukan 79 orang yang berprofesi sebagai pilot ternyata penderita katarak. Ini berarti para pilot berisiko tiga kali lipat lebih besar terserang katarak dibanding yang bukan pilot.
Penyebabnya adalah, para pilot terlalu sering memandang cahaya kosmik angkasa. Jenis katarak yang mereka derita adalah yang biasa, yakni katarak nuklir.
“Hubungan antara ekspos radiasi kosmik dan katarak terkait juga dengan kebiasaan merokok, usia dan kebiasaan lainnya. Ternyata radiasi sinar kosmik merupakan faktor terbesar penyebab katarak,” jelas Vilhjalmur Rafnsson, anggota tim ilmuwan yang mempublikasikan temuannya di jurnal Archives of Ophthalmology seperti yang dilansir Reuters baru-baru ini. (mer)

Mati Karena Gangguan Tidur

WASHINGTON – Gangguan tidur tak bisa dianggap remeh. Salah-salah bisa saja kita meninggal dalam tidur. Mereka yang meninggal dikala tidur biasanya disebabkan berhentinya proses bernafas mengakibatkan kehilangan banyak sel otak. Selama ini gangguan tidur dipicu oleh napas yang berhenti sesaat. Dalam keadaan ini sel-sel otak kita mengalami pengrusakan.
Tes terhadap tikus menunjukan hilangnya sel-sel otak memperparah terjadinya penghentian nafas saat tidur. Hal yang sama bisa terjadi pada manusia, khususnya yang berusia lanjut. “Gangguan tidur biasanya terjadi pada manusia setelah usia 65 tahun,” ujar Jack Feldman, ahli neurobiology dari University of California Los Angeles. (mer)

Copyright © Sinar Harapan 2003

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s