GSM maupun CDMA,bisa

Ponsel ini dapat digunakan di jaringan GSM maupun CDMA. Ia bebas dipadukan dengan kartu GSM keluaran operator mana saja. Untuk CDMA, karena Samsung SCH-W569 ini ditawarkan oleh Mobile-8, ia hanya bisa dipasangkan dengan kartu Fren.

MENGACU pada istilah perponselan, SCH-W569 disebut ponsel dual mode atau dual system, dual slot, dan single online. Dual mode alias dual system karena ia bisa digunakan di dua sistem yang berbeda, GSM dan CDMA. Dual slot lantaran ia dibekali dua slot untuk kartu SIM atau RUIM.

Sementara ia disebut single online karena dua kartu yang dipasangkan tidak bisa siaga bersamaan. Pengguna harus memilih salah satu di antaranya. Untuk berpindah dari satu nomor ke nomor lain, pengguna cukup memencet tombol di sisi kanan ponsel.

SCH-W569 tampil dalam bentuk ponsel sliding alias geser, sama dengan, misalnya, ponsel GSM Samsung SGH-D900, Nokia 6288, dan Sony Ericsson W850i. Tidak seperti ponsel CDMA Samsung, Nokia, dan Motorola bergaransi resmi yang pernah beredar di sini, SCH-W569 dibekali layar sentuh yang sanggup menghadirkan sampai 262.144 warna.

Tak biasa memakai layar sentuh? Tidak masalah. Tanpa menyentuh layar sama sekali, pengguna tetap bisa mengakses menu dengan leluasa menggunakan keypad dan tombol navigasi yang tersedia.

Sebuah kamera beresolusi 1,3 megapiksel terdapat di ujung kanan atas ponsel. Ia bermanfaat untuk memotret, merekam video, dan melakukan video chat. Video chat yang serupa tapi tak sama dengan video call 3G yang ditawarkan operator GSM ini hanya bisa dilakukan antarpengguna Fren Mobile-8. Kedua pengguna juga wajib menggunakan perangkat yang kompatibel.

Untuk kenyamanan pengguna, kamera di SCH-W569 dapat diputar vertikal sampai 180 derajat. Seingat penulis, kamera putar semacam itu kali pertama diperkenalkan Samsung kepada pengguna di Indonesia melalui SGH-V200 yang beredar sekitar empat tahun lalu.

Phone book berkapasitas 1000 nama secara multiple entry, pemutar musik dan video, serta nada dering MP3 merupakan beberapa fitur yang melekat di SCH-W569. Ketika berada dalam situasi darurat, pengguna dapat mengoptimalkan fitur SOS messages untuk mengirimkan pesan ke orang tertentu.

Ada pula fitur bluetooth yang kemampuannya sayang terbatas, cuma dapat dihubungkan dengan handsfree bluetooth. Pengguna tak bisa menikmati akses nirkabel itu untuk melakukan transfer data atau koneksi internet. Karena ponsel ini tidak memiliki inframerah, untuk koneksi dengan komputer pengguna praktis hanya bisa mengandalkan kabel data.

Ponsel berdimensi fisik 52,4 x 99 x 17,6 mm dan berat 105 gram tersebut tidak dibekali slot memori internal. Pengguna harus puas dengan memori internal 124 MB yang sebenarnya sudah tergolong memadai, asalkan bukan dipakai untuk menumpuk koleksi lagu atau foto.

Karena cikal bakal SCH-W569 adalah ponsel CDMA, lalu ditambahkan fungsi GSM, tak perlu heran bila kemampuan CDMA ponsel ini lebih optimal. Saat berada di jaringan CDMA ia dapat digunakan untuk melakukan akses data alias berinternet. Sedangkan ketika berada di jaringan GSM, ia hanya bisa dipakai untuk bertelepon dan ber-SMS. Pengguna tidak dapat memanfaatkanya untuk ber-GPRS.

Harga jual SCH-W569 bisa Rp 4,388 juta, bisa pula Rp 2,538 juta, bergantung paket yang dipilih konsumen. Kalau pembeli memilih kartu Fren prabayar, harga ponsel itu Rp 4,388 juta, termasuk pulsa siap pakai Rp 10 ribu dan bonus pulsa senilai Rp 5 ribu per minggu selama enam bulan. Pembeli yang menyukai kartu pascabayar dapat “menebus” SCH-W569 hanya dengan Rp 2,538 juta. Syaratnya, selama setahun pertama pemakaian pulsa pengguna minimal Rp 388 ribu per bulan. (Herry S.W.)

Bukan Yang Pertama

PONSEL yang bisa digunakan di jaringan GSM sekaligus CDMA sebenarnya bukan barang baru. Samsung SCH-W569 juga bukan ponsel dual mode pertama yang beredar di Indonesia.

http://www.pontianakpost.com/berita/index.asp?Berita=Canda&id=71597

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s