APA ITU BATIK

Apa itu Batik? Batik adalah ‘dongeng “kain Jawa karena misterius dan legendaris. Batik tidak hanya sepotong cantik dan berwarna-warni tekstil, Sebaliknya, batik adalah seni dalam arti paling murni dari kata tersebut, yang juga dapat digunakan untuk tujuan utilitarian Batik di ifs keragaman pola, warna dan tekstur. merupakan cerminan dari budaya Jawa
Kami Hadir Dengan bangga yang terbesar
Cirebon Batik Tradisional. Ini adalah pusat Kerajinan batik tradisional. Tempat Terkenal di mana Anda bisa mendapatkan batik Cirebon mewah tradisional.
Batik adalah suatu bahan kain yang berisi /bercorak tulisan/gambar yang bernuansa cantik.batik ini salah satu dari kerajinan dan seni suatu daerah.yang merupakan sebagai identitas suatu daerah/suatu kerajaan.perkembangan batik di Indonesia dari jaman dahulu sampai sekarang masi tetap langgeng.kelanggengan ini karena sejak nenek moyang kita dulu suka dengan menggambar,sehingga kita sebagai generasi penerus pun secara alami akan suka dengan menggambar batik.contoh kecil manusia jaman dulu yaitu tulisan dengan gambar binatang ,orang ,tumbuhan ,gunung ,rumah adat dan laianya.gambar-gamabar tersebut merupak bahasa isyarat untuk disampaikan kepada anak-anak cucunya.pada jaman sekarang gambar –gambar tersebut di kekembangkan menjadi motif batik.kebradaan batik juga perkembanganya di pengaruhi oleh kedatangan Negara lain.seperti dari pedagang cina,Gujarat,dan lain lain.sehingga munculah perkawinan dengan Negara luar.dalam proses berapa lama pun perkembangan batik juga akan mengikuti perkembangannya.dari hasil proses inilah maka bermunculan batik-bati k yang cantik dan kontemporer.kerajinan dan kesenian batik adalah hasil dari pola fikir inspirasi manusia yang di tuangkan dan di apresiasikan lewat gambar-gambar alam seperti pohon,bunga,alas,mega mendung,padi,kapas,dan lainya.contoh gambar binatang,motif batik singa,buaya ,udang kepiting,ikan,burung,naga dan lainya.motif batik orang contoh orang tani,jaman penjajahan,kompeni,contoh motif batik lanya perahu,laut,batu,rumah dan masih banyak motif batik ainya.
Disini batik yang sedang bagus pencitraanya adalah batik mega mendung .dikarenan motif batik mega mendung itu terbentuk dari proses penggabungan kebudayan yaitu kebudayaan etnik tiong huwa dari cina dan kebudayaa dari Cirebon sendiri .penciptaan batik mega mendung Cirebon ini adalah berkah hasil dari spiritual embah kuwuh sankan pangeran cakara buana.Arti dari mega mendung sendiri adalah awan yang merupakan pembawa hujan.hujan inilah yang akan menyuburkan tanah,sawah-sawah petani subur tersirami air hujan,semua tanaman tumbuh dengan subur dan berbuah.sehingga masayarakat pun menjadi makmur dengan hasil panen padi dan buah-buahan.mak a dari sinilah Embah Kuwuh Sankan Pangeran Cakra Buana mengingginkan rakyatnya subur makmur “tetram raharjo gemah ripah loh jinawi “.sehingga sebagai symbol kepemimpinannya (1452-1479) embah kuwuh sankan mengambar dan mengilustrasikan Motif Awan Mega Mendung terbentuk dan tercipta.Hingga sampe sekarang dikenal sebagai batik mega mendung.
Inilah arti dari mega mendung.
Dasar –dasar dari mega mendung itu terdiri dari warna dasar, warna utama dan warna gradasi.
Warna dasar yaitu melambangkan tanah untuk kehidupan .
menurut ajaran islam manusia itu tercipta dari sari patih tanah.sifat tanah ini membawa kedamaian,adem ,tetrem dan tidak ada pandang bulu sama rata sama rasa.
Warna utama yaitu warna melambangkan cahaya yang sangat terang (cahaya pembawa penunjuk untuk pemimpin)
Cahaya terang ini adalah cahaya yang terpancar dari hati nurani yang membawa ke pemimpinan yang menerangi dan mengayomi masayarakatnya.sehingga masyarakat merasa tenang ,tentram,subur dan makmur.

Warna gradasi ini adalah sederetan warna yang mendukung warna utama yang melambangkan keberadaan masayarakat dan kebudayaanya.
Keberadaan masyarakat dari mulai suku,ras,etnik,agama dan kebudayaan yang berbeda-beda bersatu padu untuk membentuk suatu pemerintahan /kerajaan(warna utaman).semua kehidupan masyarakat harus bersatu padu untuk mejaga persatuan dan kesatuan suatu daerah /pemerintahan dan kerajaan.
Begitulah arti dasar dari mega mendung yang merupakan hasil dari spiritual emabh kuwu sankan pangeran cakra buana.
Semoga motif ini menjadi batik MEGA MENDUNG yang tetap langgeng.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s