LAMPU LED PENGHEMAT ENERGY VS LAMPU JARI DAN BOHLAM

Incandescent/bohlamadalah cahaya yang didapatkan pemanasan. Dalam hal ini lampu incandescent di Indonesia lebih dikenal sebagai lampu tungsram. Cara kerja: listrik dialirkan pada filamen sehingga terjadi pemanasan yang kuat pada filamen sehingga menghasilkan cahaya. Lampu ini tidak efisien, karena 90%-100% dari energi menjadi panas. Lampu ini sangat murah.tapi boros energi listrik .karena kenyataan daya yang terserap sangat besar bohlam 5 watt kalo sudah menyala bisa 80-100 watt inilah yang menyebabkan listrik mahal bayarnya.

Lampu halogen/bohlam halogen adalah lampu incandescent dengan filamen terbungkus gas halogen. Lampu halogen lebih tahan lama dibandingkan lampu incandescent biasa.sama borosnya dengan lampu bohlam biasa.
Perhitungan ketahanan lampu berdasarkan rumus berikut ini dari wikipedia.
Lampu fluorescent adalah ‘gas discharge lamp’, dimana listrik digunakan untuk ‘excite mercury vapor’. Mercury menyebabkan cahaya ultraviolet gelombang pendek memproduksi cahaya dari fluoresce phospor.
sama borosnya dengan lampu bohlam biasa.

CFL (Compact Fluorescent Lamp) /neon jari dengan didalamnya terdapat alt alat elektrikya adalah jenis lampu fluorescent yang dibuat untuk menggantikan lampu incandescent/ tungsram. Dibandingkan dengan lampu tungsram, dengan penerangan yang sama, lampu CFL menggunakan energi yang lebih sedikit.
tidak sama borosnya dengan lampu bohlam.lampu ini terukur dengan tang amper =0.36 watt.sehingga lebih irit dibanding lampu bohlam.tapi tetap menghasilkan panas pada lampunya.

Lampu LED, menggunakan Light Emitting Diode sebagai sumber cahaya. Beberapa keunggulan lampu LED:lebih irit dari bohlam dan neon jari maupun bohlam halogen dan tidak menimbulkan panas.

Keuntungan dari lampu LED:
– Lampu LED tidak mengandung Mercury
– Jauh lebih hemat dalam hal pemakain listrik
– Daya tahan lebih lama, yaitu 60x lebih lama dibanding dengan tipe lampu Incandescent dan 10x lebih lama dibanding tipe Fluorescent.
– Lampu LED juga tidak menghasilkan panas sehingga dapat menghemat pemakaian AC (air conditioning).
Selain keuntungan, tentu saja saja ada kerugiannya yaitu harganya jauh lebih mahal dibandingkan lampu biasa

Umur lampu
1 Lampu CFL kekuatan umurnya 4 tahun VS 1 lampu led kekuatan umurnya 24 tahun
Jadi lampu led lebih kuat umurnya 6 x lampu CFL
Harga pengadaan barang
Harga 1 lampu led 3 watt =12000 VS harga 1 lampu CFL 8 watt =30000 X 6 = 180000,Pake lampu led lebih hemat 60000

Lampu LED memiliki LIFSPAN 35.000 JAM dan
lampu LED 3 Watt memiliki brightness setara dengan lampu CFL 8 Watt (contoh Philip Tornado),. Dalam artikel ini kita bahas mengenai lampu LED menghemat kantong anda, tidak merusak lingkungan dengan Mercuri (lampu CFL mengandung sedikit Mercury), karena 1 Lampu LED setara dengan pemakaian 6 lampu CFL, dengan penghematan kurang lebih Rp. 200.000 setelah 8.2 tahun. Harga lampu CFL 8 Watt Rp. 30.000 harga lampu led 3 watt Rp. 130.000 Investasi yang cukup besar bukan? Beda harga sekitar 80.000 rupiah
Lampu LED memiliki lifespan lebih dari 35.000 jam, bandingkan dengan lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp) yang hanya 6.000 jam. Perhatikan kotak lampu CFL, umumnya ditulis dengan pemakaian 4 jam sehari (jam 6 malam – jam 10 malam) lampu CFL tahan lebih dari 4 tahun (4 tahun x 365 hari x 4 jam = 5840 jam. Berarti dengan perhitungan yang sama Lampu CFL akan tahan 24 tahun.

Sekarang dari segi harga, harga Lampu CFL kualitas bagus 8 Watt adalah sekitar Rp. 28,000. Harga lampu LED 3 Watt adalah sekitar Rp. 130.000. Jadi harga lampu LED kurang lebih 4 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan lampu CFL sedangkan daya tahan lebih lama 6 kali.

Lampu LED menggunakan daya listrik yang lebih kecil. Lampu CFL 8 Watt setara dengan lampu LED 3 Watt. Standar lampu CFL yang efisien memiliki 14 – 17 Lumens / Watt (Lumens adalah ukuran cahaya oleh mata manusia). Lampu LED memiliki 60 – 100 Lumens / Watt. Dengan lampu LED 3 Watt x 60 Lumens = 180 Lumens, 8 Watt CFL x 17 Lumes = 136 Lumens.


lampu-led-hemat-energy-anti-panas


lampu-neon-jari


lampu-neon-tornado


bohlam-25-watt-halogen


bohlam-25-watt-halogen

Secara teori, teknologi LED banyak memberikan manfaat apabila dibandingkan dengan menggunakan teknologi lampu pijar, antara lain seperti pada tabel di bawah.


daftar led vs lampu pijar

Namun pada kenyataannya, pernyataan bahwa umur pakai lampu LED yang hingga 50 kali lipat umur pakai lampu halogen tidak sepenuhnya benar demikian. Proses produksi (kualitas produksi) hingga material yang digunakan untuk membuat LED tersebut sangat mempengaruhi umur pakai LED itu sendiri. LED yang cepat mati umumnya masuk kategori produk “abal-abal”, karena material/komponen yang digunakan tidak dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya.

Harga lampu led 3 watt cahaya senter RP 140000
Harga lampu led 5 wat cahaya menyebar RP 300000

Lampu LED memiliki efisiensi yang lebih banyak dibandingkan dengan lampu pijar/ tungsten, maupun lampu fluorescent. Lampu LED tidak menghasilkan panas seperti lampu pijar, tidak merusak kesehatan seperti lampu fluorescent,dan lebih tahan lama. 1 Watt lampu LED menghasilkan 100 lumen. Kekurangan lampu LED adalah masih mahal.


daftar led vs lampu pijar vs neon jari

Incandescent/bohlam Fluorescent/neon jari LED
Daya tahan (jam) -1.500 -10.000 -60.000
Harga per buah (Rp.) -5000-10.000 -28.000 -300.000

About these ads

3 comments on “LAMPU LED PENGHEMAT ENERGY VS LAMPU JARI DAN BOHLAM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s