ASAL- USUL

Asal-usul Tenaga Dalam

Dari manakah asalnya tenaga dalam (inner strength kalo bahasa inggrisnya ?). Sudah banyak orang yang berusaha memberikan penjelasan ilmiah mengenai fenomena non ilmiah ini.

Ada yang bilang dari Adenosin Tri Phospat (misal: MP dan HI), ada yang bilang dari listrik tubuh (misal: SN). Penelitian yang serius sendiri tidak pernah dilakukan (pernah oleh FK UGM dan SN, tapi tidak tahu apakah menyentuh bidang ini atau tidak). Pernyataan kebanyakan dikeluarkan oleh eksponen-eksponen tenaga dalam dan bukan ahli di bidang kedokteran, fisika atom ato biologi molekuler.

Studi literatur dan perdebatan panjang penulis dengan praktisi tenaga dalam dari perguruan X menunjukan bahwa tenaga dalam sama sekali tidak berasal dari ATP. ATP hanya digunakan untuk aktifitas otot dan fisik. sementara tenaga dalam bisa memutar cakra, menyembuhkan orang sakit , membentengi, nembak jin, deteksi dll.

Usaha mengubah tenaga dalam dari ATP memang berhasil dilakukan oleh Master Kusnul Hadi dari Reiki Tao, tapi hasilnya masih kurang sesuai dengan harapan, karena energinya terlalu besar dan tidak stabil (kalo tidak salah). ketidakstabilan ini mungkin berhubungan dengan siklus ATP yang hanya berumur kurang dari sekitar 3 detik (kalo mau angka pasti liat wikipedia aja).

Rumus lain yang sering dikaitkan dengan tenaga dalam adalah teori relativitas khusus dari Einstein. Bagiku pendapat ini agak aneh (pernah dibahas sampe abis tapi lupa juga). missing link antara teori relativitas khusus dan tenaga dalam banyak banget. ngeruntutnya gak tau dari mana dan ujungnya kemana. Semoga nanti ada pengunjung yang mau menjelaskan.

Pendapat ketiga tentang bioelectricity menurutku malah lebih masuk akal dan walaupun belon terbukti tapi masih terbuka kemungkinan ke arah situ..

Kalo kita cari di internet, tentang listrik ditubuh manusia alias bio electricity, kita akan menemukan banyak literatur berisi kemampuan aneh hewan-hewan yang berhubungan dengan bioelektricity. Seperti misalnya: regenerasi amoeba, dll (gak sempat baca banyak).

Ada satu notion lagi yang menarik. Ilmu pengetahuan manusia berada pada limit tertentu. Saat ini para ilmuwan tidak tahu sebenernya apa yang terjadi pada proses-proses di tubuh manusia. Seperti misalnya: proses fotosintesis, proses pembakaran energi atau pertukaran antara CO2 dan O2 di paru-paru manusia. Transaksi pada level molekuler untuk proses-proses ini belum dapat dipahami secara menyeluruh.

Terus, kalo ada yang bertanya ? dari mana asalnya tenaga dalam ? Kalo menurut saya, walaupun mengimani kalo gaib itu ada, kita harus tetap kritis dan skeptis. Jangan mudah mengambil kesimpulan dengan gegabah. Jawaban yang terbaik adalah: tidak tahu.

http://hebiryu.wordpress.com/2007/05/28/asal-usul-tenaga-dalam/

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s